SMA Negeri 2 Semarang

Jl. Sendangguwo Baru No. 1 Semarang

Menjadi sekolah yang mengutamakan budi pekerti luhur, unggul dalam prestasi, berwawasan kebangsaan dan lingkungan

Siswi SMA Negeri 2 Semarang Juara III Lomba PCTA Tingkat Pusat

Sabtu, 11 Nopember 2017 ~ Oleh LILIEK HANDOKO, S.Pd ~ Dilihat 155 Kali

Siswi SMA Negeri 2 Semarang kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Ivana Chrisnauli dan Mutiara Noverita, berhasil meraih Juara III dalam Lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat pusat yang diselenggarakan pada 4-8 September 2017 di Kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Jakarta.

Tim dari SMA Negeri 2 Semarang ini sebelumnya telah menjuarai lomba PCTA tingkat provinsi yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Pertahanan perwakilan Provinsi Jawa Tengah pada Rabu(2/8) dan berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk melanjutkan di tingkat pusat hingga mampu meraih Juara III. “Rasanya sangat senang bisa menjadi juara, apalagi hingga tingkat pusat, itu menunjukkan jika kami pantang menyerah. Selain itu, saya pribadi merasa bangga mempunya partner seperti Mutiara yang bisa saling kerjasama untuk memberikan jawaban-jawaban menarik sehingga dapat dipercaya untuk menjadi juara,” ujar Ivana.

Lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air tersebut terdiri atas beberapa sesi, dari 34 tim yang mewakili provinsi masing-masing, kemudian diambil 8 besar hingga ditentukan juara I-III. Tema yang diusung dalam lomba PCTA tahun ini adalah Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme Pengaruh Negatif Sosial Media dan Pengaruh Bahaya Narkoba.

Lomba tersebut diikuti dan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa, pelajar SLTA/sederajat, guru pembimbing dan ketua alumni PCTA dari seluruh provinsi se-Indonesia. Adapun acara tersebut terdiri atas beberapa kegiatan seperti lomba diskusi, lomba line dance serta diisi pengarahan dari Menteri Pertahanan RI dan Bela Negara.

Berbagai persiapan pun mereka jalani seperti membaca modul, materi, berita terkini, serta latihan retorika/diskusi. Selain itu, mereka diberikan bimbingan materi dari guru untuk mempersiapkan lomba tersebut. “Sebenarnya latihan untuk persiapan lomba tidak terlalu intensif bersama guru pembimbing yaitu kira-kira 2-3 kali dalam seminggu, maka dari itu kami juga aktif latihan mandiri,” kata  Ivana.

Selain itu, Sihabudin Zuhri dan Setyowati selaku guru pembimbing menyampaikan kendala yang dihadapi ketika pelatihan yakni latihannya tidak bisa maksimal karena kedua siswi tersebut mengikuti lomba lain. “Kami selaku guru pembimbing tidak bisa memberikan bimbingan secara maksimal dikarenakan Ivana juga mengikuti pelatihan lomba karya ilmiah, sedangkan Mutiara mengikuti pelatihan lomba nasyid, saya akui mereka memang mempunyai banyak talenta,” ujar Sihabudin. “Tetapi saya salut dengan mereka berdua, saat Hari-H mereka mampu memberikan argumen-argumen yang meyakinkan juri dengan durasi hanya 1 menit,” tambahnya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Yuwana, M.Kom

Bismillahirrahmanirrahim Asalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahirabbil alamin. Sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus  selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Sang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapatmu belajar di SMAN 2 Semarang

LIHAT HASIL