SMA Negeri 2 Semarang

Jl. Sendangguwo Baru No. 1 Semarang

Menjadi sekolah yang mengutamakan budi pekerti luhur, unggul dalam prestasi, berwawasan kebangsaan dan lingkungan

Dalam Dua Hari Tim Komunitas Debat Raih Dua Kejuaraan

Rabu, 28 Februari 2018 ~ Oleh LILIEK HANDOKO, S.Pd ~ Dilihat 289 Kali

Komunitas Debat, ekstrakurikuler baru di sekolah tercinta mulai menunjukkan eksistensinya lewat prestasi tiap anggota. Tak tanggung-tanggung dua kali juara berhasil diukir oleh kegiatan yang mengasah kemampuan retorika dan berpikir kritis ini.

Lomba pertama bertajuk Lomba Cerdas Cermat dan Debat yang diselenggarakan oleh Universitas Semarang pada Rabu (21/2) berhasil menjadi bukti pertama. Lomba tingkat Jawa Tengah tersebebut menempatkan Raihan Yahya (XI MIPA 6), Huda Nurirrahman (XI MIPA 9), dan Hanif Jati (XI IPA 11) menjadi kampiun. Mereka berhasil menyisihkan SMA Karangturi di final. Laga final yang berlangsung di auditorium utama kampus USM menjadi saksi kehebatan tim yang sudah tiga kali juara debat tersebut.

“Pertandingan final tergolong ketat ya, topik MEA menjadi fokus utama yang menjadi bahan perdebatan. Lawan tergolong bagus karena babak penyisihan selalu menduduki peringkat pertama. Namun, atas dukungan, saran, dan doa utamanya dari pembimbing, alhamdulillah kami bisa menjadi juara,” ucap Raihan saat ditanya terkait kemenangan tim mereka.

Sehari berselang, dalam lomba debat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Biomedik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kamis (22/2), giliran adik kelas mereka yang membuktikkan diri bahwa Komunitas Debat merupakan wadah yang positif dalam pengembangan seni berbicara. Argidayani (X IPS 2), Zulfikar Fahmi (X MIPA 4), dan Sania Sita (X MIPA 7) berhasil meraih predikat yang terbaik setelah melewati empat kali sesi debat. Meskipun mereka masih kelas X mereka tak gentar melawan yang di atas mereka. Baik di semifinal dan final mereka mengalahkan tim dari SMK 7 Semarang.

Tri Handayani, S.Pd selaku pembimbing menuturkan persiapan dua lomba tersebut tergolong singkat. Anak-anak latihan seminggu tiga kali bahkan mendekati lomba hari libur pun mereka disempatkan latihan.

“Tentu saja, hasil ini tak lepas dari dukungan langsung Bapak Kepala SMAN 2 Semarang, Waka Kesiswaan, wali kelas, bapak/ibu guru dan anggota komunitas baik yang aktif dan sudah purna. Ke depan semoga dalam ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia dapat menuai hasil yang lebih positif,” tambah Bu Tri Handayani yang juga guru bahasa Indonesia.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Yuwana, M.Kom

Bismillahirrahmanirrahim Asalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahirabbil alamin. Sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus  selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Sang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapatmu belajar di SMAN 2 Semarang

LIHAT HASIL