SMA Negeri 2 Semarang

Jl. Sendangguwo Baru No. 1 Semarang

Menjadi sekolah yang mengutamakan budi pekerti luhur, unggul dalam prestasi, berwawasan kebangsaan dan lingkungan

Implementasi Pendidikan Karakter Lewat Gladian Bantara Laksana

Kamis, 15 Maret 2018 ~ Oleh LILIEK HANDOKO, S.Pd ~ Dilihat 181 Kali

Apa jadinya jika kita ikut merasakan kehidupan pedesaan nanpenuh kesahajaan dan kearifan lokal? Tentu menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan. Hal tersebutlah yang dialami empat puluhan siswa SMAN 2 Semarang yang tergabung dalam Ambalan Hayam Wuruk Tribuana Tunggadewi (HWTD). Mereka selama tiga hari, Jumat-Minggu (9-11/3), melakukan ujian tingkat untuk meraih predikat bantara dan lakasana di Desa Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Salah satu kegiatannya yaitu hidup dan merasakan langsung tinggal bersama atau live in dengan masyarakat setempat.

Pengalaman live in bersama masyarakat memang menjadi program pendidikan karakter. kegiatan ini tentu saja melatih siswa untuk merasakan hidup bermasayarakat dan mengetahui dan mendapatkan nilai-nilai kearifan liokal yang ada di desa. "Kami ikut tinggal, makan, dan yang tak terlupakan ikut berkegiatan bersama induk semang. Ada yang bertani, berdagang, bengkel, bahkan ada yang ikut mencari keong untuk dijadikan sate untuk dijual," tutur Reggy Yudha salah seorang peserta.

Ibu Puji Lestari, S.Sn. selaku pembina Pramuka menuturkan pemilihan Desa Jatipuro Karanganyar sebagai tempat kegiatan bukannya tanpa alasan. Hal ini dikarenakan fasilitas desa cukup lengkap, tetapi masih memiliki unsur kesederhanaan khas pedesaan. "Siswa diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini dapat mengambil banyak hal yang posistif dari masyarakat Desa Jatipuro," imbuh Bu Puji.

Belajar Seni

Tidak hanya berkegiatan layaknya masyarakat desa, siswa juga mendapatkan pengalaman yang berharga seperti belajar seni karawitan, mengajar Pramuka di SD dan SMP, serta melakukan tanam pohon dan bakti sosial.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pilot project untuk kegiatan pendidikan karakter di luar sekolah. Ke depan jika program ini mempunyai kebermanfaatan yang bagus, tidak menutup kemungkinan sekolah ingin mengadakan kegiatan sejenis dengan skala yang lebih besar," ujar Drs. Teguh Wibowo, M.Pd selaku Waka Kesiswaan yang turut memndampingi kegiatan ini.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Yuwana, M.Kom

Bismillahirrahmanirrahim Asalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahirabbil alamin. Sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus  selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Sang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapatmu belajar di SMAN 2 Semarang

LIHAT HASIL