Info Sekolah
Jumat, 12 Apr 2024
  • SMA Negeri 2 Semarang "Berbudaya"

PAGELARAN SENDRATARI DAN  PAMERAN KEWIRAUSAHAAN WARNAI PROYEK P-5 DI SMA NEGERI 2 SEMARANG

Diterbitkan : - Kategori : Humas

Ajang gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) telah berlangsung sangat meriah pada hari Rabu dan Kamis, 10 -11 Mei 2023 di aula Graha Widyatama SMAN 2 Semarang. Puncak dari penerapan Kurikulum Merdeka bagi kelas X itu disajikan melalui Pagelaran Sendratari yang mengusung tema “Lestarikan Tradisi dalam Kreasi Sendratari”. Turut andil dalam kemeriahan acara hari itu adalah kelas XI yang mendukung dengan menyiapkan 12 stan yang menyajikan berbagai karya baik dalam bentuk kerajinan maupun berbagai jenis makanan sesuai selera anak muda. Kepiawaian mereka dalam menyajikan beragam makanan diapresiasi dengan sangat baik oleh siswa maupun guru dan karyawan yang berkunjung ke acara tersebut. Turut memeriahkan acara, Guru-guru dan Karyawan berkolaborasi dengan Ekstrakurikuler Srikandhi Bismo dalam Tarian Kreasi P-5.

Pagelaran Sendratari ini dipersiapkan selama kurang lebih dua minggu. Sebagai puncak dari proyek P-5 sendratari tersebut ditampilkan di aula Graha Widyatama selama dua hari berturut-turut. Kemerdekaan siswa dalam belajar tampak diaplikasikan dengan baik melalui kreativitas sendratari, antara lain berjudul: Legenda Gunung Kelud (X-1), Anoman Obong (X-2), Asmara 1000 Candi (X-3), Ramayana (X-4), Perang Bubat (X-5), Kidang Kencana (X-6), Roro Jonggrang (X-7), Sumpah Abimanyu (X-8), Ken Dedes (X-9), Srikandi Senopati (X-10), Katepanang (X-11), dan Gebyar Mahabarata (X-12).

Dari kedua belas penampil tersebut, sekolah memberikan apresiasi sebagai berikut:

Penyaji Terbaik ke-1 kelas X-7, ke-2 X-11, dan ke-3 X-1. Panitia Terbaik ke-1 X-3, ke-2 X-4 dan X-12, ke-3 X-8, Sutradara Terbaik: X-5, Koreogafer Terbaik: X-1, Penari Putra Terbaik = X-9, Penari Putri Terbaik: X-10. Demikian juga untuk Bazar Pameran Kewirausahaan dipilih 3 kelas yang berhasil menjadi stan terbaik, berturut-turut adalah kelas XI IPS 1, XI MIPA 3, dan terakhir XI MIPA 4. Sedangkan stan terkompak diraih oleh kelas XI MIPA 7, XI IPS 1, dan terakhir XI MIPA 4. Apresiasi ini diberikan untuk memotivasi peserta didik agar dapat bersaing sehat dan tampil maksimal.

Bapak Drs. Teguh Wibowo, M.Pd. sebagai Koordinator Proyek dibantu oleh pelaksana di lapangan, Ibu Pujilestari, S.Sn. dan Bapak Faris Febri Utama, S.Pd., M.Li. menuturkan bahwa pagelaran ini telah dipersiapkan dengan sangat matang. Terbukti hampir semua kelas menyajikan kreasinya dengan luar biasa. Tujuan dari pagelaran ini tidak hanya menampilkan kreativitas siswa, tetapi lebih mendidik dan membangun karakter siswa agar lebih paham lagi bagaimana cara bekerja sama, bergotong royong, mandiri, bertanggung jawab, sehingga menghasilkan karya yang layak untuk mendapatkan apresiasi dan respons positif.

“Antusias dan kreativitas anak-anak luar biasa, sehingga sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini,”ungkap Bapak Drs. Wiharto, M.Si., kepala SMAN 2 Semarang. Beliau berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan karena antusias para peserta didik sangat baik. Hal serupa diungkapkan oleh orang tua peserta didik yang turut diundang untuk menyaksikan putra-putrinya tampil.”Kami jadi tahu, inilah hasil kerja keras mereka, kami sebagai orang tua turut bangga bisa melihat anak2 berkarya.”

Penulis : Humas SMAN 2 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar