Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • SMA Negeri 2 Semarang "Berbudaya"

Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMAN 2 Semarang Sukses Digelar

Diterbitkan : - Kategori : Info Umum

potong_pita_P5Semarang, 7 November 2023 – SMA Negeri 2 Semarang sukses menggelar kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Selasa, 7 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tema, yaitu Kewirausahaan dengan judul “Uangku, Hasil Keringatku” untuk Fase E (kelas X) dan Bhineka Tunggal Ika dengan judul “Mencintai Indonesia dengan Tradisi dan Budaya” untuk Fase F (kelas XI).

Untuk tema Kewirausahaan, peserta didik kelas X membuka stand penjualan berbagai produk hasil karya mereka, seperti makanan, minuman, kerajinan tangan, dan produk lainnya. Produk-produk tersebut dibuat dengan kreatif dan inovatif, serta memiliki nilai jual yang tinggi. Sementara itu, untuk tema Bhineka Tunggal Ika, peserta didik kelas XI menampilkan kesenian berupa gerak dan lagu daerah di berbagai wilayah di Indonesia. Kesenian-kesenian daerah tersebut ditampilkan dengan penuh semangat dan rasa cinta tanah air. Kelas XI juga membuka stand permainan tradisional Indonesia yang terdiri dari permainan-permainan seperti: dakon (congklak), nekeran (kelereng), egrang, engklek (sunda manda), dan gobak sodor. Pengunjung stand diajak lebih mengenal tentang permainan daerah dan bermain bersama dengan tim stand masing-masing kelas XI.

Kegiatan ini dibuka oleh pelaksana tugas Kepala SMA Negeri 2 Semarang, Bp. Soleh, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, kreatif, gotong royong, mandiri, dan tanggung jawab. “Kegiatan ini diharapkan dapat melatih dan menumbuhkan rasa kebersamaan, kreativitas, semangat kewirausahaan, dan cinta tanah air di kalangan peserta didik,” ujar Bp. Soleh.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para peserta didik dan warga sekolah, bahkan orang tua wali peserta didik. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami, karena kami bisa belajar berwirausaha dan mengenal budaya-budaya daerah di Indonesia, makanan yang dijual juga enak-enak.”, ujar salah satu peserta didik kelas XII yang juga dijadwalkan untuk ikut mengunjungi stand – stand pada acara gelar karya tersebut. Sedangkan salah satu peserta didik kelas X memberikan apresiasi bahwa kegiatan ini sangat meriah dan seru dan merasa senang bisa ikut berpartisipasi, meski cukup menguras tenaga dan pikiran. Secara keseluruhan, kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Semarang berjalan dengan sukses.